6 Tips Merawat Kolam Ikan Agar Tetap Jernih

Jadilah Umat Terbaik Dengan Saling Menasehati
Google+


Dewasa ini kolam ikan menjadi taman kedua untuk mempercantik sekitar rumah. Menjadi "hiburan" yang akan membuat stres menghilang.

Bahkan, kolam ikan pun bisa jadi elemen pelengkap taman atau sebaliknya. Suasana segar dapat terbangun karena kehadirannya. 

Namun, coba anda bayangkan, apa jadinya apabila air pada kolam ikan Anda keruh? Tentu saja bukan kesan segar yang dihasilkan, melainkan kusam, jorok, dan tidak sehat. Merawat kolam ikan agar tidak keruh memang harus rutin dilakukan. Triknya sederhana. Coba saja ikuti panduan ini.
  1. Jangan terlalu sering memberikan makan ikan, karena menurut pengalaman banyak pecinta ikan, emmberi makan ikan cukup 2-3 hari sekali.
  2. Pasang filter untuk menyaring air kolam. Filter bisa diperoleh di toko-toko peralatan akuarium atau penjual ikan hias atau anda buat manual sendiri (custom)
  3. Filter harus selalu dinyalakan, kecuali sewaktu dibersihkan, sehingga kadar oksigen dalam air cukup.
  4. Bersihkan kolam sebulan sekali dengan sikat dan pel. Namun jika air terkena kotoran dan jadi keruh, langsung saja bersihkan, tanpa harus menunggu waktu sebulan.
  5. Saat membersihkan kolam, jangan menyikat lumut sampai hilang semuanya. Keberadaan lumut sesungguhnya bisa menjadi makanan ikan.
  6. Dengan air yang tak keruh, kolam berhasil menciptakan kesan kesejukan pada taman dan rumah Anda. Untuk membuat suasana jadi lebih segar, Anda bisa menambahkan tanaman di sekitar kolam ikan. Hias area sekitar kolam dengan tanaman perdu rendah yang ditanam dalam pot.

Nah bagaimana? Mudahkaaan?
Sekian artikel 6 Tips Ampuh Merawat Kebersihan Kolam Agar tetap Jernih. Semoga bermanfaat yaa.