5 Tips Hiking Untuk Pemula

Jadilah Umat Terbaik Dengan Saling Menasehati
Google+
Anda mencari informasi tentang hiking?


Selamat! Anda beruntung!

Admin akan mengulasnya spesial untuk catatan pribadi anda.



#Persiapan, persiapan, dan persiapan.

Persiapan adalah hal terpenting dalam melakukan hobii ekstrem ini. Semua keselamatan dan kenyamanan anda semua berada di faktor ini.

  1. Persiapan makanan.

Tak peduli ke mana Anda akan melakukan pendakian gunung, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih makanan yang dibawa.

  • Tinggi enegri. Kebutuhan energi bisa meningkat hingga 50%dari kondisi normal ketika Anda melakukan pendakian gunung. Jadi, pertimbangkan makanan yang kandungan energinya tinggi. Jika berat atau volume makanan itu kemudian jadi persoalan, coba manfaatkan makanan dengan kepadatan energi yang tinggi seperti cokelat, kacang-kacangan, biskuit, dan lain-lain.
  • Mudah disiapkan. Jika Anda memasak dan hanya punya sedikit waktu serta memiliki bahan bakar, kemampuan, maupun peralatan dapur yang terbatas, Anda perlu membawa bahan makanan yang mudah diolah. Pilih yang di bawah 15 menit.
  • Bobot ringan. Penting bagi Anda untuk selalu membawa makanan Anda sendiri. Jika memungkinkan, pilih tipe dryfood, yang akan meringankan beban Anda.
  • Mudah disimpan. Jangan lupa untuk memilih makanan-makanan yang mudah dikemas dan memiliki masa kadaluarsa yang lama. Simpan makanan Anda dalam kemasan yang rapi, kokoh, namun ringkas. Jika perlu, bagi berdasarkan peruntukkan atau waktu penggunaan. 
  • Bervariasi. Pilih makanan yang sesuai dengan selera Anda atau rekan satu tim. Bagaimana pun, makanan yang Anda pilih tak akan mempunyai nilai tinggi sebelum bisa masuk ke mulut Anda. Pilih juga makanan yang bervariasi hingga Anda tidak mengalami kebosanan saat melakukan pendakian.
  • Sesuaikan isi kantong. Ingat, jangan lebih besar pasak dari tiang. Sesuaikan juga makanan yang akan Anda gunakan dengan anggaran Anda. Jika memungkinkan, cari dukungan dari sponsor. Tentu saja, untuk hal ini Anda harus memberi imbal balik. 
  • Nutrisi seimbang. Pasokan nutrisi yang seimbang akan mempertahankan performa Anda di lapangan, baik secara fisik maupun mental. Dalam perjalanan panjang, pertimbangkan untuk menggunakan multivitamin dan suplemen mineral.


      2. Persiapkan Fisik Sebaik-Baiknya Sebelumnya

Sebelum anda melakukan hiking, persiapkanlah kondisi fisik sebaik-baiknya. Jangan memaksakan diri jika anda tidak fit! Jagalah kesehatan dengan makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan berolahraga. Tidak akan mengenakkan apabila anda menjadi sakit di tengah-tengah hiking. Bukan hanya untuk anda, namun juga teman seperjalanan anda. Pemandangan yang indah dan petualangan yang menantangpun akan terlewatkan begitu saja.

    

      3. Ketahui Tentang Tempat Yang Anda Tuju

Ketahuilah tentang tempat yang anda tuju dan jangan pergi tanpa petunjuk apa-apa. Dapatkan informasi menyeluruh tentang tempat yang anda tuju dan jangan ragu untuk meminta pendapat yang ahli. Tempuhlah rute yang telah ditetapkan kecuali anda adalah seorang hiker berpengalaman yang benar-benar memahami medan. Memang akan lebih menantang untuk menempuh rute baru dan menaklukannya, namun hal itu tidak akan menyenangkan lagi begitu anda tersesat. Jangan lupa membawa peta, kompas, dan GPS yang dapat berfungsi dengan baik di tempat yang anda tuju.


      4. Perhatikan Perlengkapan Standard untuk Hiking

Selalu bawa perlengkapan standard untuk hiking termasuk memakai pakaian dan sepatu yang sesuai untuk hiking. Selalu sedia korek api atau pemantik, atau bahkan keduanya. Bawalah pisau lipat musti fungsi yang dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan. Perlengkapan P3K seperti kain kasa, perban, plester, krim anti bakteri, obat luka, obat anti gatal, pelembap, sunscreen, dan obat sakit kepala sangatlah diperlukan. Senter dan tissue gulung juga akan sangat berguna. Untuk berjaga-jaga apabila baju basah, bawalah pakaian ganti yang secukupnya, jangan berlebihan. Tidak ada salahnya membawa jas hujan standart ataupun jaket tebal apabila hiking di tempat yang dingin dan mungkin berkabut.

     5. Selalu Waspada.

Tetaplah waspada setiap saat, jangan pernah merasa hebat dan kemudian menjadi sembrono. Perhatikanlah kemana anda melangkah agar tidak terpeleset atau terperosok. Lihatlah tanda-tanda alam. Apabila ada tanda-tanda huj

an atau kabut yang akan turun, alangkah baiknya menunda perjalanan anda karena alam tidak akan seramah seperti yang anda kira. Hiking di hari yang cerah juga akan lebih menyenangkan karena pada saat itulah alam akan menampakkan keindahannya.

Tips lain :

Pada saat melakukan pendakian dalam waktu lebih dari tiga hari mungkin karena mendaki beberapa gunung, gunakan SEPATU lengkap dengan KAUS KAKI. Aktivitas trekking dan hiking, yang membuat kaki Anda terbungkus dan menjadi LEMBAB dalam kurun waktu yang lama. Gunakanlah foot spray untuk meringankan kepenatan kaki dan memberikan kesegaran demi mencegah timbulnya bau tak sedap pada kaki. Jika pendaki menggunakan SEPATU jangan lupa memotong kuku jari di kaki. Kuku yang panjang akan terasa sakit jika medan menurun bahkan kuku bisa lepas karena terdorong ke dalam menahan berat badan, rasanya seperti kuku dicabut,