Tips Berlibur Jogjakarta, Jelajahi Surga Tersembunyi

Jadilah Umat Terbaik Dengan Saling Menasehati
Google+
Anda perlu peta jalan, panduan dan tips backpacking ke Jogja?


Pantai Sadranan

Jangan galau ya. Karena kali ini admin KlikInfo akan mengulas terkait Tips Menjelajahi Hidden Paradise Jogjakarta. Selain untuk membantu para travellers yang minim budget, info inipun berguna bagi anda yang sedang tersesat disana. Hehe

Oke, sebelum terlalu jauh alangkah baiknya anda mengetahui estimasi/ prakiraan budget agar perjalanan anda lancar jaya. Karena nggak mungkin perjalanan liburan anda terganggu hanya karena kurang biaya ongkos kan?

Ini adalah estimasinya :

3D2N Package


1. Biaya penginapan untuk 2 malam : Rp 200.000,- ( per malam +- 100rb ) Carilah standar yang room kamarnya bisa berbagi dengan travellers lain.
2. Biaya transport selama 3 hari : Rp 240.000,- . Anda bisa menyewa sepeda motor 60rb perhari dan uang bengsin 20rb.
3. Biaya makan selama 3 hari : Rp 180.000,- (Air, Makan dll)/ 60rb/hari. 
4. Tempat wisata dan parkir : Rp 160.000 ,- ( Untuk tiket wisata yang agak mahal hanya Candi Borobudur sekitar 40 ribu yang lain nya sekitar dibawah 20 ribu seperti tiket masuk Keraton hanya 10 ribu )

Berarti anda harus menghabiskan budget sebesar 760rb selama di Jogja. Intinya kembali lagi sampai dimana kemandirian kita ketika berada disana. Semakin kita kreatif, budget pun bisa kurang dari itu tentunya.

Nah lalu mana hidden paradise nya??

A. Tempat wisata di Jogja Utara : kawasan taman wisata Kaliurang, wisata lava tour Kaliadem, museum Ullen Sentalu, wisata keluarga di malam hari Taman Lampion Monumen Jogja Kembali, candi Borobudur, agrowisata Salak Turi dan museum Gunung Merapi.
B. Tempat wisata di Jogja Barat : Wisata pantai Glagah, pantai Trisik, pengunungan Menoreh, puncak Suroloyo, air terjun Sidoharjo Kulonprogo dan jika musim buah durian bisa berkunjung ke desa Kalibawang Kulonprogo.
C. Tempat wisata di Jogja Selatan : pantai Parangtritis, pantai Depok untuk wisata kuliner ikan yang masih segar karena ada pasar ikannya, pantai Kuwaru, pantai Cemara, wisata pantai Parangkusumo, sentra gerabah Kasongan, sentra kulit Manding, Goa Cerme, Makam Raja - Raja Imogiri.
D. Tempat wisata di Jogja Timur  : pantai Indrayanti, pantai Baron, cave tubing Goa Pindul, air terjun Sri gethuk, gunung api purba Nglangeran, wahana wisata alam untuk anak - anak di Omah Outbound WIRAWISATA, candi Prambanan, pantai Sandranan, pantai Siung dan pantai Poh Tunggal.

E. Tempat wisata di Jogja wilayah Kota : wisata edukasi untuk anak anak di Taman Pintar, Istana Kraton, Tamansari, museum Kereta Kuno, museum Sonobudoyo, Malioboro, benteng Vrendeburg, wisata satwa Kebun Binatang Gembiraloka, sentra perak Kotagede, pasar Batik dan kerajinan Beringhardjo.

Transportasi?


Anda tidak perlu takut kesasar, karena banyak tempat sewa motor dan mobil di tengah kota, bahkan kalau masih ragu anda bisa menyewa drivernya sekalian.


Jogjakarta tersedia banyak agen persewaan mobil maupun motor dengan harga yang murah.Lihat info sewa mobil di Jogja jika ingin menyewa kendaraan mobil.Kita bisa mengunjungi tempat wisata yang asyik di Jogja cukup dengan membawa peta wisata Jogjakarta yang biasanya terdapat di loby hotel.Jangan takut kalau tersesat apalagi bingung jalan untuk pulang ke hotel.Karena kota Jogja tidak begitu luas kita bisa sopan bertanya ke orang menanyakan jalan atau lokasi yang akan kita tuju dengan ramah tentunya.Jadi sekiranya kita mau ke Jogja selama 3 hari kita bisa menyewa motor saja jika tempat yang wisata di Jogja yang kita tuju tidak jauh, harga sewa motor di Jogja perharinya rata-rata 50 ribu tergantung model matic atau manual.Untuk mau berwisata ke daerah deretan pantai pasir putih di daerah Gunungkidul bisa juga kita menyewa mobil beserta drivernya jika kita ragu untuk mengendarai mobil sendiri, karena medan jalan di daerah Gunungkidul agak kecil, naik turun dan berbelok sehingga perlu ekstra hati - hati untuk melewati jalan menuju Gunungkidul ini jika berpapasan dengan kendaraan yang lain seperti bus pariwisata maupun truk pengangkut.

Tips mencari penginapan murah di Jogjakarta??



Jika sedang wisata di Jogja tidak perlu khawatir mengenai tempat menginap, karena di Yogyakarta banyak tersedia penginapan murah dari losmen hingga hotel berbintang. Jika biaya terbatas, banyak pilihan losmen yang cukup murah tapi bersih di daerah Sosrowijayan ( jalan di barat Malioboro ) dengan menginap di kawasan turis ini karena layanan jasa wisata seperti travel agent, hingga persewaan motor atau mobil dapat dengan mudah ditemui.Seperti halnya kawasan Kuta Bali atau Khaosan Road Thailand, di sepanjang jalan Sosrowijayan juga terdapat banyak kafe, money changer, warnet, dan pendukung wisata lainnya. 

Kita dapat menikmati atmosfer antar bangsa yang sangat mengesankan di kampung turis internasional ini.Dari Sosrowijayan ini kita dapat berjalan - jalan menyusuri jalan Malioboro untuk melihat cinderamata khas Jogja. Pasar Beringharjo, Benteng Vredenburg dan Kraton Kasultanan Yogyakarta juga sudah tidak jauh.Jika lelah berjalan kaki, kita dapat menaiki becak yang akan mengantar ke tempat-tempat yang ingin kita kunjungi. 

Kita juga bisa berwisata ke kota Solo dengan kereta Prameks yang berangkat dari Stasiun Tugu yang tidak jauh dari Sosrowijayan.Untuk mendapatkan harga kamar hotel yang murah di Jogja bisa di lihat di artikel hotel murah di Malioboro. Karena tidak banyak yang tahu kalau sebenarnya kita bisa mendapatkan harga kamar hotel yang murah dengan membeli via online biasanya di sebut voucher hotel, jadi voucher hotel ini bisa langsung untuk proses check in ke hotel yang akan kita pilih tanpa membayar lagi harga kamar tersebut karena kita telah membeli yang namanya voucher hotel tersebut yang jelas lebih murah harganya dibanding kita langsung check in ke hotel tanpa voucher hotel tersebut.

Tempat Kuliner dan Cafe di Jogja??


Catat baik-baik yaa..

A. Untuk yang senang masakan gudeg bisa mengunjungi sentra kawasan Gudeg di Wijilan yang terletak di timur alun-alun utara atau Keraton Jogja.
B. Untuk yang suka tempat unik bisa kunjungi Kedai Rumah Pohon mas Dewo yang berada di daerah Jetis tepatnya jika dari Tugu kita menuju ke arah utara kemudian akan ada perempatan lampu merah pertama kita belok ke kanan kemudian lurus aja pas belokan kiri kita ambil jalan lurus aja lewat jembatan selokan agak kecil.
C. Untuk yang suka bakmi jawa bisa ke Bakmi pak Pele di alun-alun utara atau bakmi Kadin daerah jalan Bintaran.
D. Oseng-oseng mercon merupakan masakan daging sapi kecil-kecil namun di campur dengan lombok rawit sehingga di jamin sangat pedas, tempat warung makan asli oseng-oseng mercon di sebelah barat persis gapura Purwodiningratan di jalan Kha Dahlan berjarak sekitar 1 km dari perempatan kantor pos besar atau Istana Negara.
E. Angkringan Gareng Petruk KR depan kantor surat kabar Kedaulatan Rakyat di jalan Mangkubumi selatan Tugu, disini menyajikan berbagai masakan dan wedang khas Jogja.
F. Angkringan Lek Man yang terkenal dengan kopi Joss nya, asal mula dinamakan kopi  joss karena dari kopi yang sudah di seduh kemudian di beri arang  yang masih panas hingga timbul suara ' Jossssss'  .Angkringan Lik Man yang asli berada di utara Stasiun Tugu sebelah selatan jalan.
G. Untuk yang ingin nongkrong sehat bisa ke Kalimilk di jalan kaliurang sebelah utara kampus UGM, di sini disajikan berbagai macam rasa susu dari rasa durian sampai strowbery.

Nah, selain itu kita juga bisa menikmati wisata di Jogja dengan makan lesehan kaki lima ketika malam hari di depan gedung DPRD jalan Malioboro yang menawarkan menu nasi gudeg dan yang lainnya.Untuk yang gemar nongkrong di sosrowijayan terdapat beberapa cafe yang tutup sampai dini hari.Untuk cafe live musik dekat Sosrowijayan bisa kunjungi cafe Lucifer yang berada di pojok ujung jalan.Untuk yang senang dugem bisa mengunjungi Liquid atau Boshe, kedua lokasi clubing tersebut berada di jalan Magelang utara kantor TVRI Yogyakarta.

Akhir kata selamat liburan yaaaa. Kunjung juga tips-holiday.blogspot.com.