11 Tips Aman dan Selamat di Jalan Raya

Jadilah Umat Terbaik Dengan Saling Menasehati
Google+
vivpos - Bagaimana cara para pengendara sepeda motor (khususnya para pemula) agar dapat berkendara dengan aman?
Menurut majalah SPORT CRUISER edisi Oktober 2004 oleh Art Friedman, ada 11 poin yang perlu diperhatikan.

Sudah banyak yang menulis tentang perkembangan dunia sepeda motor. Banyak rider yang kecelakaan di jalan (semoga tidak fatal) dan sebagian dari mereka sempat menceritakannya kepada kami.

Rata-rata salah satu sebabnya adalah karena pemilihan sepeda motor dan perangkat keselamatan yang kurang tepat buat dirinya. Dan seiring dengan meningkatnya angka kecelakaan, timbul pertanyaan dari rider pemula tentang keselamatan berkendara.

Kebanyakan pengendara-pengendara ini sudah mengetahui tips berkendara dan mempraktekkan teknik berkendara aman yang mereka dapat di Safety Riding Coursebagi pemula seperti yang tertera di MOTORCYCLE SAFETY FOUNDATION atau dari lembaga lembaga pemerintahan maupun lembaga safety riding lainnya. Mereka menyadari bahwa pengetahuan yang mereka dapat tersebut hanyalah pengenalan saja.
” Belajar mengendalikan sepeda motor berbeda jauh dengan belajar mengoperasikan sepeda motor dengan aman “
Fakta di lapangan mengatakan bahwa angka kecelakaan lalu lintas yang menimpa rider-rider pemula lebih besar dibandingkan dengan angka laka-lantas yang menimpa rider-rider yang sudah cukup lama berkendara. Jadi tindakan apa yang harus dilakukan bagi rider-rider pemula agar bisa berkendara lebih aman?

1. GUNAKAN SAFETY GEARS YANG LAYAK SAAT BERKENDARA
Tak perduli seberapapun hati-hatinya kalian, ada hal-hal diluar kendali kalian yang bisa menyebabkan kecelakaan. Ketika hal ini terjadi peranan helm sangatlah penting. Gunakan helm minimal berstandarisasi SNI. Usahakan gunakan helm fullface. Helm fullface dapat melindungi kepala lebih baik. Jaket, sarung tangan dan sepatu juga penting untuk mengurangi resiko cidera. Jika perlu gunakan pelindung punggung. Sepertinya cukup rumit, tapi ini sebanding jika hal-hal yang tak diinginkan benar-benar terjadi.

2. GUNAKAN PAKAIAN PELINDUNG YANG BERWARNA MENCOLOK
Salah satu poin penting dalam survival adalah ” dapat terlihat “. Warna pakaian yang terang mencolok saat berkendara membuatmu mudah terlihat oleh pengendara lain. Warna yang dimaksud adalah warna-warna diantara warna merah menuju ke oranye. Warna-warna ini sebaiknya mengkilat (gloss). Warna-warna terang yang tidak mengkilat (doff) tidak lebih mencolok daripada warna terang gloss.
Selama ini warna yang paling populer adalah warna hitam terang. Memang bukan warna yang buruk buat perangkat keselamatan. Masih ada warna yang lebih buruk yaitu abu abu doff, hitam doff dan warna-warna tidak mengkilat (doff) lainnya.
Warna terang memang terkesan “norak” dan “tidak stylish”…tapi warna ini bisa menyelamatkan nyawamu saat berkendara.

” Di bagian manakah warna-warna ini seharusnya ?”
Yang utama adalah helm. Mungkin aneh kedengarannya.
Sebuah study di selandia baru mengatakan bahwa para rider yang awalnya menggunakan helm putih yang kemudian menggantinya dengan helm hitam yang menyebabkan angka kecelakaan meningkat. Jaket berwarna terang sepertinya lebih masuk akal lebih terlihat. Tapi menurut pengalaman saya, efek jaket terang tak sebaik helm yang berwarna terang mengkilat. Mungkin alasannya karena posisi kepala lebih mudah terlihat pengendara lain dan efek glossnya dalam memantulkan sinar lebih baik (perlu study lagi untuk pembuktiannya).

3. LATIHAN, LATIHAN, LATIHAN
Kamu bisa melatih skill setiap saat kamu berkendara. Tekan rem dengan keras setiap saat kamu ingin berhenti tanpa ada mobil dibelakangmu. Belajar bermanuver cepat antar line pada jalur satu dengan lainnya. Pengendara motor harus bisa nyaman menarik footrest motor mereka di tikungan sehingga mereka dapat menggunakan sudut miring yang ada ketika mereka membutuhkannya. Jenis latihan ini dapat membuat kamu memaksimalkan kemampuan kamu dan motor kamu saat menghadapi krisis dijalan.

4. BERKENDARA SETIAP HARI
Skill rider-rider baru harus dilatih se-sering mungkin. Jika kamu hanya berkendara saat weekend, kemampuan kamu akan jauh tertinggal dari rider-rider lainnya dan kamu harus membangun skill kamu kembali saat lain kali kamu berkendara lagi. Berkendara untuk pergi kerja atau berkendara setiap sore atau pagi akan membuat kamu menjadi pengendara yang lebih baik dalam menempuh beberapa kilometer daripada kamu berkendara hanya dalam waktu tertentu saja.

5. Melihat dan terlihat
Pilih jalur yang tepat sehingga kamu dapat melihat jalan di depan kamu dan mobil yang mungkin akan muncul dari arah yang berlawanan. Pada jalan yang lurus posisikan diri agar dapat melihat ada atau tidaknya kendaraan di depan kamu. Berada di posisi tengah jalan sehingga kamu dapat mendapatkan mengantisipasi mobil, anak kecil dan binatang yang akan masuk ke jalan. Berkendara di sisi paling luar jalanan agar dapat melihat sejauh mungkin bentuk kurva tikungannya. Berjalan mendekati persimpangan dimana mobil kemungkinan akan keluar, berjalan kearah tersebut sehingga kamu dapat melihat mobil yang akan keluar dan keberadaan kamu tidak tersembunyi dari mobil lain yang sedang berjalan atau mobil yang sedang parkir atau objek lain yang berada di pinggir jalan.

6. HINDARI BERKENDARA DENGAN GROUP
Berkendara dengan sebuah group mungkin tampak lebih aman, tetapi dinamika berkendara dengan sebuah group membuatnya jauh lebih beresiko daripada anda berkendara sendiri. Anda juga mungkin harus berurusan dengan pengendara yang kurang terampil daripada anda atau pengendara sehabis minum minuman keras. Tunggu sampai Anda benar-benar nyaman dengan motor anda sebelum mengambil tantangan ini.

7. KEMBALI KE SEKOLAH
Rencanakan untuk mengambil Experienced Rider course dalam jangka waktu setahun dan mulai menjalaninya setelah 6 bulan anda mulai berkendara atau secepat mungkin. Ingat bahwa mungkin anda akan ada dalam daftar tunggu, dan anda mungkin ingin mendaftar bahkan sebelum Anda mulai berkendara. Kursus ini akan membantu anda mengembangkan keahlian anda dan memberikan anda kesempatan untuk dikritik dalam hal kebiasaan berkendara, sebelum kebiasaan buruk anda dalam berkendara muncul. Setelah itu, Sekolah balap merupakan tempat yang baik untuk mengembangkan keahlian anda, bahkan jika anda menggunakan motor cruisers.

8. BANYAK MEMBACA
Ada banyak buku yang dapat membantu kamu meng-evaluasi kemampuan anda dalam berkendara dan strateginya. Saya merekomendasikan buku “The Motorcycle Safety Foundation’s Guide to Motorcycling Excellence” dari whitehorse. Ada juga buku bagus oleh David Hough, Nick Ienatsch, Keith Code dan lain-lain (periksa salah satu toko buku online) dan semua artikel tentang “survival” dalam berkendara yg tersedia di . Semua ini adalah makanan yang sangat bergizi bagi pikiran, praktek dan pembinaan. Tapi kamu harus waspada akan apa yang kamu baca di internet. Pernyataan bahwa helm dapat mengganggu leher,penglihatan atau pendengaran dibantah oleh penelitian yang valid, dan klaim populer bahwa suara knalpot yang keras dapat menyelamatkan nyama juga belum dapat dibuktikan.

9. BERLATIH BERKENDARA DENGAN BONCENGAN DAN BERKENDARA DENGAN GROUP SEBELUM BERJALAN JAUH
Beberapa kegiatan umum sepeda motor membutuhkan beberapa penyesuaian dan pembelajaran. Selain berkendara dengan group, kegiatan ini juga termasuk denganmembawa penumpang dan berkendara jarak jauh dengan menggunakan motor anda. Cari tempat yang aman untuk berlatih membawa penumpang sebelum anda menjelajah ke lalu lintas. Ambil beberapa perjalanan yang lebih pendek dengan motor anda sebelum anda menuju ketempat yang lebih jauh, dan sediakan waktu sebelum perjalanan panjang anda untuk berkemas, menyiapkan obat-obatan, dan membuat beberapa penyesuaian. Perjalan panjang sangat bagus untuk membuat anda lebih intim dengan motor anda, bagaimanapun, jangan pernah hindari itu.

10. USAHAKAN MOTOR ANDA DALAM KONDISI YANG BAIK
Secara teratur lakukan pengecekan pada motor sebelum riding akan membuat kamu belajar utk mengetahui kondisi motor dan penyesuain apa yg harus dilakukan secara berkala agar anda dapat mengetahui masalah apa yg akan terjadi sebelum masalah tersebut mengancam keselamatan anda. Ban adalah komponen mekanik yang paling sering diabaikan, jadi pastikan tekanan ban dalam keadaan yang seharusnya. Namun, rantai longgar dan penyesuain kopling yang tidak benar, rem, dan posisi kontrol juga dapat mempengaruhi kontrol dari sepeda motor anda. Mungkin kamu ingin bertanya kepada Departemen Service Dealer tentang hal ini jika buku manual motor tidak memberikan hal yg jelas tentang cara mengkontrol motor tersebut.

11. JANGAN BERKENDARA SETELAH MINUM-MINUMAN KERAS
Hal ini harusnya tidak perlu dibicarakan, tapi saya akan tetap membicarakannya karena masih banyak rider yang melakukannya. Lebih dari sepertiga pengendara motor meninggal setelah sebelumnya mereka minum-minuman keras. Bahkan satu gelas bir pun terlalu banyak. Simpan alkohol anda untuk setelah riding dan baik sebelum riding yang berikutnya. Dan hati-hati anda bisa terganggu oleh semua macam situasi lain dan zat dari obat OTC. Jika anda terbiasa melakukan hal ini, kemampuan anda akan meningkat lebih cepat daripada pengendara baru dan anda akan mengembangkan kebiasaan yang akan melayani anda selama anda berkendara dan membuat anda berkendara lebih menyenangkan.

Sekian ulasan mengenai 11 Tips Aman dan Selamat di Jalan Raya  yang bisa kami sampaikan. Semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.


Sumber : pistoner