Ciri Ciri Toko Online Palsu

Jadilah Umat Terbaik Dengan Saling Menasehati
Google+
vivpos - Belakangan ini banyak terjadi ragam penipuan di dunia maya baik dalam kegiatan jual beli maupun modus lainnya. Dan berhubungan penulispun pernah mengalaminya, untuk itu saya akan memberikan tips agar hal itu tidak terjadi kepada anda.
Kegiatan jual beli online adalah kegiatan yang sangat mengasyikan, bagaimana tidak, dengan mudahnya anda bisa memilih barang/produk hanya dengan menggerakan jari anda. Namun, belanja online pun sangat rentan terkena modus penipuan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Nah dibawah ini adalah ciri-ciri toko online palsu yang kami ringkas dalam judul 
Ciri Ciri Toko Online Palsu  
  1. Tidak mencantumkan alamat toko
    Benar, toko online palsu pasti enggan mencantumkan alamat mereka, bahkan terkesan menyembunyikan identitas mereka. Hal ini dikarenakan toko online tersebut tidak ingin dapat dilacak dan ditemukan keberadaannya. Walaupun calon pembeli bertanya tentang alamat, pemilik toko online ini akan berusaha menutupi dengan hanya memberi lokasi kota mereka tanpa alamat yang jelas. Lebih parahnya lagi ada juga toko online yang berani memberikan alamat palsu atau mencatut dari alamat toko online lainnya. Untuk Anda yang ingin berbelanja online, bijaklah dalam menentukan. Anda pasti dapat mengetahui bagaimana respon pemilik toko tersebut jika diajak berkomunikasi seputar alamat mereka, sehingga ini dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memutuskan untuk berbelanja di toko tersebut.
  1. Tidak mencantumkan rekening bank
    Hal lainnya yang tidak akan dicantumkan oleh toko online palsu adalah nomor rekening. Hal ini juga untuk menyembunyikan identitas mereka sebenarnya. Biasanya, jika ada calon pembeli yang berminat belanja di toko tersebut, maka nomor rekening hanya akan diberikan melalui sms. Toko online palsu akan sangat berhati-hati dalam menyebarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan identitas mereka.
  1. Tidak bersedia menggunakan rekening bersama
    Jika Anda ragu untuk mentransferkan sejumlah uang untuk membayar barang yang Anda beli secara online, maka Anda dapat menggunakan jasa rekening bersama. Layanan rekening bersama dapat memfasilitasi proses pembelian Anda yang akan menjadi perantara bagi Anda dan pemilik toko online. Namun, perlu Anda ketahui bahwa seorang pemilik toko online palsu akan enggan menggunakan rekening bersama, dalam artian mereka tidak akan bersedia untuk diajak menggunakan jasa rekening bersama. Padahal, seharusnya mereka tidak perlu takut, karena jika barang telah sampai ke tangan pembeli maka pembayaran pun akan ditransferkan. Sikap mereka yang anti rekening bersama itu adalah karena mereka tidak berniat mengirimkan barang apa pun.
  1. Harga terlalu murah
    Waspadailah toko online yang menjual barang terlalu murah diluar kewajaran. Misalnya saja harga sebuah smartphone merk terkenal yang biasa dijual diatas harga lima juta malah ditawarkan dengan harga dibawah tiga juta. Harga murah ini ditawarkan pemilik toko online palsu untuk membuat calon pembeli tertarik dengan harga yang murah. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dan jangan tergiur harga murah.
  1. Mencantumkan testimonial palsu
    Tentulah Anda tahu bahwa sebuah testimonial dapat mempengaruhi Anda dalam berbelanja. Melihat testimonial yang bagus, membuat Anda sedikit-banyaknya tertarik untuk mencoba memesan barang di toko online tersebut. Namun, tidak semua testimonial benar adanya. Banyak testimonial yang dibuat palsu atau hanya hasil karangan pemilik toko online tersebut. Karena itu, jangan sekali-kali hanya karena testimonial Anda terpengaruh, tetapi Anda harus tetap memperhatikan kondisi lainnya sehingga dapat menentukan apakah sebuah toko online palsu atau tidak
  1. Menggunakan blog gratisan
    Kebanyakan blog gratisan adalah toko online palsu karena si pemilik toko tidak mau mengeluarkan biaya untuk membuat sebuah website yang lebih profesional. Padahal untuk membeli domain tidaklah mengeluarkan biaya yang terlalu besar jika memang toko online tersebut serius untuk berbisnis. Bagi Anda pemilik toko online di blog gratisan yang tersinggung dengan pernyataan ini, maka ada baiknya Anda pertimbangkan untuk beranjak dari blog gratisan dengan membeli domain sendiri. Hal ini karena persaingan di dunia online yang ketat, dan juga menjamurnya toko online palsu, sehingga menjadikan toko terlihat lebih terpercaya adalah keharusan yang harus dilalui oleh seorang pebisnis online. 

Sekian ulasan mengenai Ciri Ciri Toko Online Palsu yang bisa kami sampaikan. Semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.

Referensi ; blogsopius