Tips Berbelanja Online Dengan Aman

Jadilah Umat Terbaik Dengan Saling Menasehati
Google+
vivpos - Belakangan ini aktifitas didunia maya semakin cemerlang saja. Salah satunya adalah BELANJA ONLINE. Sudah menjadi rahasia umum jikalau melanja online telah menjadi bagian kehidupan kebanyakan orang saat ini. Cukup browsing melalui internet, maka barang yang dibutuhkan akan muncul dan siap dipesan tanpa perlu beranjak dari tempat duduk. 

Kemudahan berbelanja online ini pun membuat semakin banyak orang yang tertarik untuk mencobanya. Toko-toko online pun menjamur, dengan tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka melalui internet. Namun, kesempatan ini ternyata tidak hanya dimanfaatkan oleh orang-orang yang benar-benar serius berbisnis. Maraknya penipuan yang berkedok penjualan online membuat konsumen harus selektif dan mengenali toko online yang benar-benar terpercaya. Untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang aman melalui online, anda perlu mengikuti tips-tips berikut ini.

Pertama, pastikan anda mengetahui identitas, lokasi, dan rincian kontak dari pemilik toko online tersebut. Beberapa toko online mungkin sudah tidak asing lagi karena sudah familiar dan berasal dari perusahaan yang terkenal. Namun, jika anda menemukan barang yang cocok dengan kebutuhan anda yang hanya dijual di toko-toko yang mungkin belum diketahui reputasinya, penting bagi anda untuk menanyakan identitas dan lokasi toko tersebut. Sebagian toko online ada juga yang sudah mencantumkan identitas mereka secara lengkap di websitenya.

Kedua, cari tahu lebih lanjut tentang reputasi toko online tersebut. Setelah mengetahui identitasnya dengan lengkap, perlu bagi anda untuk memastikan apakah toko online tersebut memiliki reputasi yang baik dari segi pelayanan, kualitas barang, dan ketepatan waktu pengiriman barang. Reputasi sebuah toko online dapat anda periksa melalui pencarian di internet. Anda bisa mencek komentar-komentar dan ulasan konsumen tentang toko tersebut. Cara lain untuk menentukan reputasi sebuah toko online adalah dengan memeriksa keluhan yang mungkin muncul pada website-website yang menangani verifikasi toko online dan memonitoring keberadaan toko online. Anda dapat mengunjungi website seperti Polisi Online dan Polisi Internet.

Ketiga, pahami cara pembayaran, jaminan, dan proses pengiriman sebelum anda memutuskan membeli. Beberapa hal yang harus anda sepakati dan tanyakan kepada penjual adalah:

Biaya pengiriman,
Jaminan atau garansi jika barang ternyata cacat,
Bisakah produk dikembalikan apabila tidak sesuai pesanan,
Siapa yang menanggung biaya penukaran produk yang cacat.

Menyepakati segala sesuatunya di awal lebih baik bagi anda agar kedepannya anda tidak mengalami kebingungan jika terjadi hal-hal yang tidak sesuai harapan. Anda juga dapat menanyakan nomor resi pengiriman untuk melakukan pengecekan apakah barang benar-benar sudah dikirim atau belum.

Keempat, gunakan jasa rekening bersama. Setelah melakukan pengecekan yang mendetil, mungkin anda masih merasa was-was untuk mentransfer uang saat melakukan pembayaran. Padahal anda diharuskan membayar diawal sebelum barang dikirim. Untuk keamanan transaksi online anda, ajukan kepada penjual untuk menggunakan layanan rekening bersama atau yang biasa disebut rekber. Rekber akan beperan sebagai perantara atau pihak ketiga antara anda dan penjual. Anda tidak perlu khawatir mentransfer sejumlah uang karena pijak ketiga tersebut hanya akan memberikan bayaran kepada penjual jika barang sudah terkirim dan sampai ke tangan anda.

Kelima, coba beli salah satu barang yang harganya terjangkau. Anda mungkin menemukan sebuah toko online yang menarik dan menawarkan produk-produk yang unik. Mungkin saja anda berniat untuk menjadi pelangan toko online tersebut. Untuk membuktikan bahwa toko online tersebut bukan penipuan, anda bisa mencoba membeli satu produk yang harganya terjangkau dan tidak merugikan anda terlalu besar jika terjadi kecurangan. 

Setelah menerima kiriman barang, anda bisa mengetahui apakah barang yang diterima sesuai dengan foto dan spesifikasi yang ditampilkan, kecepatan pengiriman, dan kemahiran pengemasan produk. Setelahnya anda dapat memutuskan apakah akan menjadi pelanggan tetap atau tidak di toko tersebut.

Terakhir, untuk menjaga keamanan dalam berbelanja online jangan pernah memberikan data-data penting anda, seperti pasword, pin, dan sebagainya. Anda juga harus menjaga kemanan akun anda jika ada yang meminta izin untuk mengakses akun anda meski dengan alasan untuk memudahkan anda. Berbagai modus mungkin dilakukan para pebisnis palsu untuk memperoleh keuntungan. Anda dituntut cerdas untuk menentukan mana yang baik dipilih dan mana yang tidak.


Sekian ulasan mengenai Tips Berbelanja Online Dengan Aman yang bisa kami sampaikan. semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.

referensi : blogshopius