Cara Aman Beramal Secara Online

Jadilah Umat Terbaik Dengan Saling Menasehati
Google+





















vivpos - Minat masyarakat untuk menyalurkan donasi lewat internet pun kian tinggi. Menurut Riandy, Corporate Communication Dompet Dhuafa, dana sumbangan yang terkumpul oleh Dompet Dhuafa dalam setahun terakhir ini, 80 persennya diperoleh lewat transaksi di bank, baik melalui internet banking, transfer via ATM, hingga SMS banking. 

Mengeluarkan sejumlah uang untuk sebuah yayasan yang wujud fisiknya tidak kita lihat memang membuat jantung deg-degan. Digunakan untuk apa uang kita? Sampaikah kepada yang membutuhkan?

Sebelum merogoh kocek untuk menyumbang ke yayasan, cek lebih dulu keabsahan yayasan itu secara hukum. Yayasan yang resmi telah mengantongi izin dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Jika yayasan amal bebasis agama, maka mereka harus mendapat izin dari Kementerian Agama agar diakui sebagai Lembaga Amil Zakat. 

Mengecek status legalitas yayasan amal cukup mudah -tinggal lihat di website yayasan tersebut. Selain mengecek legalitas yayasan, laporan keuangan yayasan harus Anda pelajari dengan seksama. Yayasan amal yang kredibel biasanya mencantumkan laporan keuangan tahunan di website. 

"Yang harus diperhatikan adalah laporan keuangan yang seimbang. Jika yayasan lebih banyak mengeluarkan biaya operasional ketimbang biaya untuk program, maka manajemen mereka belum efisien," ungkap Wrenges Widyastuti, praktisi keuangan keluarga.

Ketika kita hendak menentukan pilihan yayasan amal, sebaiknya kita memilih cabang di kota lain. Karena menurut Prita, yayasan amal yang memiliki beberapa cabang menunjukkan bahwa mereka sanggup menyalurkan donasi hingga ke pelosok. 

Organisasi nirlaba yang besar umumnya sudah memiliki akses di dalam negeri dan di luar negeri. Dengan memiliki jaringan secara global, akan lebih mudah bagi organisasi tersebut untuk menyalurkan bantuan ke luar negeri, misalnya menyumbangkan untuk korban bencana di Nepal.

Meski menyumbang secara online, kita tetap berhak mendatangi yayasan yang kita sumbang untuk melihat hasil dari sumbangan kita. Yayasan amal yang baik akan memberikan izin kepada kita untuk mengunjunginya, untuk memantau perkembangannya. Yayasan yang baik juga akan memberikan laporan kemajuan secara nyata dari programnya. Itu berarti ita dilibatkan secara langsung dalam proses donasi.


Sekian ulasan mengenai Cara Aman Beramal Secara Online yang bisa kami sampaikan. Semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.