Penyebab Kepala Sering Pusing? Ini Penjelasannya!

Jadilah Umat Terbaik Dengan Saling Menasehati
Google+
pusing kepala

vivpos - Pusing adalah gejala yang terkadang datang secara tiba-tiba dan bisa mereda dengan sendirinya dalam beberapa saat. Namun masalahnya, bagaimana jika pusing terlalu sering dengan waktu yang lama? 

Pusing sering sekali mengganggu aktivitas kita, dan jangan anggap enteng penyakit pusing ini sebab banyak sekali penyebab stroke pada pertamanya terasa pusing. 

Ya, perlu kita cermati apakah itu pusing biasa atau bisa jadi gejala dari penyakit lainnya. Untuk itu kami akan berikan penjelasannya, mengenai Penyebab Kepala Sering Terasa Pusing.

Penyebab Kepala Sering Pusing meliputi:

Tekanan darah yang rendah (hipotensi ortostatik), kondisi ini terjadi karena adanya penurunan drastis tekanan darah sistolik (angka atas dalam membaca tekanan darah). Hal ini dapat terjadi jika seseorang duduk atau berdiri terlalu cepat dan juga pada orang yang diketahui memiliki penyakit tekanan darah rendah.

Kurangnya asupan darah yang keluar dari jantung, kondisi ini seperti salah satu penyakit otot jantung (cardiomyopathy), irama jantung abnormal (aritmia) atau penurunan volume darah yang membuat alirannya dari jantung tidak memadai.

Kehilangan keseimbangan (disequilibrum). Kondisi ini adalah hilangnya keseimbangan atau perasaan goyang saat berjalan. Kemungkinan penyebabnya termasuk:

Masalah pada bagian dalam telinga atau inner ear (vestibular), kelainan pada bagian dalam telinga bisa membuat seseorang merasa goyang saat berjalan terutama dalam gelap.
Gangguan sensori, kegagalan dalam penglihatan dan kerusakan saraf di kaki bisa mengakibatkan seseorang sulit menjaga keseimbangan yang membuatnya merasa kliyengan.
Kondisi neurologis, berbagai gangguan saraf bisa menyebabkan hilangnya keseimbangan

Penyebab pusing lainnya.

Beberapa penyebab lainnya juga bisa membuat seseorang merasa kepala pusing sambil berasa goyang. Beberapa penyebab lain adalah:

Obat-obatan, beberapa pengobatan diketahui bisa menimbulkan perasaan pening dan akan hilang jika berhenti mengonsumsinya. Obat penurun tekanan darah juga bisa menyebabkan pusing jika tekanan darah yang diturunkan terlalu banyak.
Gangguan kecemasan seperti serangan panik, merasa sangat grogi atau mengalami fobia tertentu bisa menyebabkan orang merasa pusing 

Jika pusing muncul secara tiba-tiba, cobalah untuk duduk atau mencari pegangan agar tidak terjatuh serta tetap tenang. Dan jika terjadi terus menerus segeralah periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.


Sekian ulasan mengenai  Penyebab Kepala Sering Pusing yang bisa kami sampaikan. Semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.