6 Tips Menjadi Pemimpin Hebat

Jadilah Umat Terbaik Dengan Saling Menasehati
Google+


Secara konseptual, pemimpin dilihat sebagai kata kunci yang menempati posisi krusial dalam sebuah organisasi. Sebuah organisasi takkan berjalan tanpa pemimpin, yang mendaulat orang-orang untuk bekerja dalam sebuah tim dan memberi kesempatan bagi mereka untuk berkembang.

Secara konseptual, pemimpin adalah pembentuk visi, di mana ia dibantu oleh orang-orang di sekitarnya untuk mengejawantahkan visinya itu untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelumnya. Lalu, apakah leadership itu?


Sebelum berbicara tentang karakter kunci seorang pemimpin, harus diketahui lebih dulu tentang apakah itu leadership.


Secara sederhana, leadership diartikan sebagai berikut :

1) Orang yang mampu merumuskan, mewujudkan, dan menerjemahkan visi tim. Ia juga harus bisa memberikan kesempatan bagi setiap anggota tim untuk bersama-sama meraih tujuan.

2) Leadership adalah juga state of mind. Ini adalah soal bagaimana seorang pemimpin memiliki visi, semangat, dan karakter untuk menyatukan berbagai macam individu dalam satu tim, dan bagaimana seorang pemimpin mengorganisasikan orang-orang.


Dari pemahaman di atas, tampak bahwa pemimpin adalah pucuk. Ia bekerja untuk orang-orang, sementara ia juga adalah orang memiliki kemampuan lebih untuk menuntun orang dalam sebuah tim untuk berkembang.


Karena itulah, ada beberapa karakter yang mesti dimiliki seorang pemimpin, karena rupanya ia bukan sekedar “manusia biasa”.


Karakter-karakter tersebut meliputi:


• Drive

Ini adalah soal bagaimana seorang pemimpin memiliki dorongan untuk bertindak dan kemudian berusaha mencapai hasil yang diinginkan. Pemimpin juga mesti mampu menginspirasi anggotanya untuk bertindak sesuai dengan tujuan yang telah disusun.

• Desire to lead

Ya, pemimpin adalah orang yang punya keinginan kuat untuk mempengaruhi orang lain, dan mau memipin mereka. Pemimpin juga harus memiliki karakteristik sebagai pemikul tanggung jawab.

• Integrity

Seorang pemimpin adalah orang yang mampu menunjukkan integritas moral. Ia menjadi teladan dan memiliki moral yang sangat kokoh.

• Self Confidence

Rasa percaya diri yang kuat juga adalah sebuah karakter yang harus dimiliki oleh pemimpin. Ia juga harus mampu menularkan rasa percaya diri kepada anak buahnya.

• Intelligence

Seorang pemimpin mesti memiliki karakteristik utama, yakni kecerdasan untuk mengolah beragam informasi dan menganalisanya. Kemampuan seperti ini akan membantunya mengambil keputusan dengan tepat.

• Job-relevant Knowledge

Seorang pemimpin harus memiliki pengetahuan yang relevan dengan bidang yang digelutinya.
Memperhatikan poin-poin di atas, rasanya tidak mudah untuk menjadi pemimpin.

Namun pada intinya, ini adalah soal bagaimana membentuk karakter kepemimpinan yang baik dan berkualitas, supaya apa yang dipimpinnya, dan orang-orang yang bekerja bersamanya mampu bersatu mencapai hasil yang diinginkan.


Dan pemimpin merupakan orang yang bisa diandalkan dalam sebuah tim. Tanpa karakter-karakter yang telah disebut di atas, seorang pemimpin tidak pantas disebut sebagai pemimpin atau organisator.



Semoga artikel diatas bermanfaat...