Cara Efektif Mengatasi Anak Yang Tidak Suka Belajar

Jadilah Umat Terbaik Dengan Saling Menasehati
Google+

vivpos - Dalam menjalani berbagai masalah yang salah satunya mengenai seorang buah hati tentunya haruslah di sikapi dengan pintar dan efektif. 

Sebagai orangtua pasti kita pernah memiliki masalah atau kesulitan dalam cara mengatasi anak yang tidak suka belajar. Hampir semua orang tua di banyak negara mengeluhkan hal yang sama. Itu hal yang sudah biasa terjadi, lalu bagaimana cara mendidik anak kita agar mau rajin belajar?

#Pertama

Ganti kebiasaan kita dalam menyuruh anak belajar, "Mbak, belajar sana!" atau "Kakak, ayo cepat belajar!". Kalimat diatas bisa kita ganti menjadi, "Kakak, yuk kita belajar." atau "Mas, yuk belajar sama Bunda." Secara psikologis anak akan lebih menerima kalimat yang "mengajak" dibandingkan kalimat "menyuruh", karena anak merasa ia dan orangtuanya akan belajar bersama-sama.

#Kedua

Make yourself interesting! Ayah Bunda mungkin ingat waktu kita sekolah dulu, guru yang ramah, sabar, cara mengajarnya mengasyikkan, ceria, akan lebih disukai anak murid dan membuat mereka semangat belajar. Sebaliknya guru yang pemarah, bermuka masam, tidak sabaran, akan membuat anak murid tidak semangat belajar. Begitu juga anak kita di rumah, kita yang mengajak belajar haruslah menyenangkan dan menarik, agar anak tertarik dan semangat untuk belajar. 

Misal, jika Ayahbunda ingin mengajarkan anak membaca, sebaiknya tidak langsung berkata "Kak,belajar membaca yuk!" Tetapi mulailah dengan membaca buku bacaan yang sesuai dengan minat anak, mungkin buku hewan, pesawat, kapal laut, robot, dsb. 

Kemudian mulailah membaca buku tersebut dengan cara yang menarik, sehingga membuat anak tertarik. Jika anak sudah tertarik, barulah Ayahbunda bisa mulai mengajarkan anak membaca secara perlahan. Ingat, kesabaran dan kretifitas orangtua menjadi kunci keberhasilan dalam mengajar anak di rumah. 

Bagaimana? Sederhana bukan? Sekian atikel/ulasan tentang Cara Efektif Mengatasi Anak Yang Tidak Suka Belajar. Semoga menjadi referensi ilmu yang berguna dikemudian hari.