Tips Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Mengompol Pada Anak

Jadilah Umat Terbaik Dengan Saling Menasehati
Google+
tips agar anak berhenti ngompol

















vivpos - Bagi anda yang sedang pusing dengan kebiasaan mengompol Perubahan gaya hidup tertentu mungkin dapat mengakhiri kebiasaan mengompol. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab anak ngompol saat tidur, dan itu bisa kita kendalikan bahkan kita hentikan jika sebagai orang tua kita mampu menerapkan perubahan gaya hidup yang lebih baik terhadap anak.

Atur asupan minuman yang dikonsumsi anak

Mengatur batasan asupan cairan berperan besar dalam mengendalikan ngompol. Jadi, cobalah agar anak tidak minum terlalu banyak air putih atau minuman lain beberapa jam sebelum waktu tidur untuk mengurangi resiko mengompol.
Minum sejumlah besar cairan harian yang direkomendasikan sebelum waktu makan malam. Hal ini akan memastikan bahwa kandung kemih anak relatif kosong sebelum waktu tidur. Kurangi juga minuman yang mengandung kafein di malam hari karena bisa mengiritasi kandung kemih dan menyebabkan anak lebih banyak buang air kecil.

Tentukan jadwal buang air kecil yang rutin

Susun pula jadwal untuk buang air kecil untuk membantu anak agar bisa tidur dalam kondisi kering. Memberlakukan jadwal kencing berarti kamu menentukan waktu buang air kecil yang rutin pada anak, seperti setiap satu atau dua jam sekali. Dan ajak anak untuk pergi ke kamar mandi tepat sebelum anak pergi tidur untuk mengosongkan sepenuhnya kandung kemih sebelum tidur.
Selain itu, mengompol juga biasa terjadi saat mengalami sakit atau tertekan. Konflik di sekolahan atau rumah bisa menyebabkan anakmu mengompol di malam hari. Kelahiran adik bayi, pindah ke rumah baru, atau perubahan lain dalam rutinitas anak bisa membuat anak stress dan memicu insiden mengompol.

Maka dari itu, coba berbicaralah pada anakmu tentang bagaimana perasaan yang mereka alami. Pengertian dan kasih sayang orang tua dapat membantu anak merasa lebih baik tentang situasi yang dihadapinya, sehingga dapat mengakhiri kebiasaan mengompol dalam banyak kasus. Dan hindari untuk menghukum dan memarahi anak atas insiden mengompol yang dialaminya. Sebagai gantinya, pujilah anak ketika ia tetap kering saat tidur. Hal ini akan membantu dia merasa baik jika tidak mengompol.


Semoga ulasan tentang Tips Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Mengompol Pada Anak diatas bermanfaat. Baca juga Bahan alami untuk mengatasi anak mengompol.