Cara Memotivasi Diri Sendiri Dalam Belajar

Jadilah Umat Terbaik Dengan Saling Menasehati
Google+

vivpos - Di dunia ini banyak orang yang mengeluh dengan masalah ekonominya atau mengeluh kenapa gaji mereka kurang. Kenapa mereka tidak mencari pekerjaan tambahan atau berbisnis. Jawabannya karena mereka tidak tahu caranya berbisnis atau tidak punya modal.

Kalau mereka tidak tahu, kenapa mereka tidak belajar cara berbisnis. Kalau tidak punya modal, kenapa tidak belajar cara mencari modal. Jadi, yang menjadi masalah adalah mereka tidak mau belajar. Memang, belajar memerlukan motivasi.

Berikut adalah Cara Memotivasi Diri Sendiri Dalam Belajar.

1. Ingatlah Tujuan Besar Anda

Setiap orang mungkin memiliki tujuan dalam hidupnya. Namun, sebagian dari mereka akan mengubur tujuan mereka dengan alasan tidak bisa. Nah, sekarang cobalah untuk munculkan kembali keinginan untuk mewujudkan tujuan besar Anda. Cobalah untuk selalu mengingat kembali tujuan besar Anda dan mempertanyakan kepada diri Anda sendiri bagaimana cara mewujudkannya.
Apa saja yang harus dipelajari agar tujuan besar Anda bisa terwujud? Semakin Anda mengingat kembali tujuan besar Anda maka Anda akan memiliki motivasi untuk belajar tentang bagaimana memujudkan impian tersebut. Apa saja yang diperlukan untuk bisa mewujudkan impian Anda. Apa saja yang perlu dipelajari?
Kurangnya motivasi belajar dikarenakan Anda lupa dengan tujuan hidup Anda seolah tidak ada yang dipelajari lagi. Jadi, ingatlah tujuan besar Anda setiap hari sehingga membuat Anda termotivasi untuk belajar apa saja yang bisa membantu tercapainya tujuan tersebut.

2. Ingatlah Belajar Untuk Mengatasi Masalah Anda

Setiap orang mempunyai masalah masing-masing. Terkadang masalah muncul karena kita tidak begitu memahami bagaimana caranya menghindari masalah juga tidak memiliki cara terbaik dan tercepat untuk mengatasi masalah tersebut. Masalah bisa diatasi asalkan memiliki ilmu dan keterampilan dalam mengatasi masalah trsebut.
Jika Anda memiliki suatu masalah, coba pikirkan ilmu atau keterampilan apa yang bisa dipelajari untuk mengatasi masalah tersebut. Coba bayangkan masalah bisa selesai dengan ilmu itu. Mungkin Anda mempunyai suatu masalah yang sudah bertahun-tahun tidak bisa Anda selesaikan dan ternyata masalah tersebut bisa saja diselesaikan jika Anda mau belajar suatu hal tertentu.
Oleh karena itu, cobalah untuk membayangkan bahwa masalah Anda sudah selesai dikarenakan Anda mampu mengatasinya dengan ilmu yang sudah Anda pelajari. Meskipun Anda belum mempelajarinya, namun jika Anda membayangkannya maka Anda akan termotivasi untuk segera mempelajari ilmu tersebut.

3. Jadilah Juara

Jika Anda sudah memiliki banyak kebisaan. Maka adakah kemauan untuk menjadi juara? Jika Ada, berusahalah untuk mendapatkannya. Keinginan untuk menjadi juara akan membuat Anda termotivasi untuk belajar bagaimana menjadi juara. Mengapa Anda harus memilih menjadi orang kedua atau ketiga kalau Anda bisa menjadi juara. Kebanyakan orang suka memilih menjadi orang biasa-biasa saja sementara mereka bisa menjadi juara. 

4. Niatkan Untuk Mendapatkan Pahala Dunia Akhirat

Jika Anda memiliki niat untuk mendapatkan pahala dunia dan akhirat maka belajar bukan lagi sesuatu yang berat bagi Anda. Karena orang yang menuntut ilmu akan mendapatkan pahala dunia dan akhirat. Selain itu, Allah akan meninggikan.

Sekian ulasan mengenai Cara Memotivasi Diri Sendiri Dalam Belajar yang bisa kami sampaikan. Semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.