Cara Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula

Jadilah Umat Terbaik Dengan Saling Menasehati
Google+

vivpos -  Sudah menjadi rahasia umum jikalau tranmisi automatic menjadi pilihan yang sangat merubah cara dalam mengendarai kendaraan. Terutama pada mobil yang dimana tidak seperti sepeda motor yang seolah-olah tanpa kendala teknis. Namun mobil yang bertranmisi otomatis ini sangatlah memerlukan perhatian lebih, terutama bagi anda yang baru saja belajar mobil.

Perlu anda ketahui juga, cara mengendarai mobil matic dan manual sebenarnya tidaklah berbeda, perbedaan yang mendasar hanya terletak di kopling serta pengemudi tidak harus merubah perpindahan gigi, karena akan berpindah dengan sendirinya. Dan percepatan mobil akan bertambah secara otomatis.

Lalu apa saja yang harus dipelajari terlebih dahulu? PERHATIKAN Cara Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula.

  1. Perlahan injaklah pedal rem, lalu pindahkan transmisi ke posisi D (Jika anda ingin bergerak maju) dan R (Jika anda ingin bergerak mundur).
  2. Setelah menggeser tuas, Perlahan lepas pedal rem yang anda injak dan bersamaan dengan itu nonaktifkan rem tangan.
  3. Setelah anda melepas rem dan rem tangan, injalah pedal gas secara perlahan saja.
  4. Jika anda akan melewati tanjakan, segera geser tuas ke posisi L/1.
  5. Bila anda ingin berhenti dan memarkirkan mobil segera geser tuas dari posisi D ke Posisi P. Jika tidak, maka anda tidak bisa melepas mobil anda jika telah berhenti.
  6. Tips penting lain, 
  • Dalam mengendarai mobil matic, anda akan banyak menggunakan kaki kanan untuk menginjak gas dan pedal rem saja.
  • Bila tuas persneling diletakkan di posisi D, maka mobil sudah bisa bergerak secara perlahan.
  • Sebagai pengaman di mobil matic, mesin tidak akan bisa dihidupkan, jika pedal rem tidak diinjak (Persis seperti motor matic)
  • Pedal rem juga tetap harus diinjak setelah mesin mobil hidup (Sebab tuas persneling tidak bisa dipindahkan dari posisi P ke D.
  • Setelah mobil bergerak, usahakan fokuskan/konstentrasi pada kemuci, rem dan gas saja.

Nah cukup sederhana bukan? Sekian ulasan mengenai Cara Mengendarai Mobil Matic Untuk Pemula yang bisa kami sampaikan. Semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda.